Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Apa Manfaat Puasa bagi Kesehatan .. ?

Menurut Gizi.Net : Jika berpuasa dilakukan secara benar, ternyata berbagai jenis penyakit dapat dikendalikan. Misalnya diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, maag hingga kegemukan. Bagaimana cara berpuasa yang memberi manfaat kesehatan?

Berikut penjelasannya dari manfaat puasa seperti dikutip Connectique :

  • Puasa membersihkan tubuh dari sisa metabolisme. Saat berpuasa tubuh akan menggunakan zat-zat makanan yang tersimpan. Bagian pertama tubuh yang mengalami perbaikan adalah jaringan yang sedang lemah atau sakit.
  • Melindungi tubuh dari penyakit gula. Kadar gula darah cenderung turun saat seseorang berpuasa. Hal ini memberi kesempatan pada kelenjar pankreas untuk istirahat. Seperti Anda ketahui, fungsi kelenjar ini adalah menghasilkan hormon insulin.
  • Menyehatkan sistem pencernaan. Di waktu puasa, lambung dan sistem pencernaan akan istirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam, selama lebih kurang satu bulan. Jangka waktu ini cukup mengurangi beban kerja lambung untuk memroses makanan yang bertumpuk dan berlebihan.
  • Puasa mengurangi berat badan berlebih. Puasa dapat menghilangkan lemak dan kegemukan, secara ilmiah diketahui bahwa lapar tidak disebabkan oleh kekosongan perut. Tetapi juga disebabkan oleh penurunan kadar gula dalam darah.

Tapi bagaimana dengan orang yang punya masalah dengan maagnya?

Sakit maag fungsional ini terjadi karena makan yang tidak teratur, konsumsi camilan untuk lambung yang tidak sehat seperti makan yang mengandung coklat dan keju serta makanan yang mengandung minyak, konsumsi kopi dan minuman bersoda sepanjang hari, merokok dan hidup dengan stres, Justru kepada mereka dianjurkan untuk berpuasa karena puasa akan menyembuhkan sakit maagnya.

Seperti di kutip detik.com ; Jika pasien sakit maag yang sedang mengalami perdarahan lambung dengan gejala muntah darah atau buang air besar hitam, muntah berulang dan setiap makan muntah memang tidak diperbolehkan puasa. Bahka mereka harus dirawat di rumah sakit untuk mengatasi gangguan sakit maagnya tersebut. Pasien dengan kanker saluran cerna juga tidak dianjurkan untuk berpuasa.

Jadi jelas kalau karena takut sakit maagnya kambuh kalau berpuasa merupakan alasan-alasan yang dicari-cari saja agar tidak berpuasa.

Disadur dari beberapa Sumber tentang manfaat dari puasa


Comments

  1. hakkyrohman says:

    nah manfaat pusa dapat mengatasi kegemukan ini gan..
    target saya di bulan puasa ini selain beribadah :)

    nice inpo..

  2. orange float says:

    biasanya pas sahur segera minum obat maag biar lancar puasanya

  3. ulfa says:

    Yups bener banget, dengan berpuasa sakit maag jadi sembuh. Mank gusti Allah memerintahkan sesuatu pasti ada tujuan dan manfaatnya… :-)

  4. Realodix says:

    Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1413 H, ijinkan saya memohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya jika ada salah dan khilaf..

    Marhaban Yaa Ramadhan…..

  5. Fajar says:

    ternyata puasa begitu besar manfaatnya ya….

  6. Camajuyas says:

    wah…banyak tuch… yang bikin alasan tidak puasa karena sakit maag…

  7. Arif R. says:

    selamat menunaikan ibadah puasa… :D

  8. Agus Siswoyo says:

    Selamat berpuasa mas. Semoga ibadahnya bisa membawa perubahan positif.

  9. DikMa says:

    @hakkyrohman
    Gemuk banget yaa kang ..

    @orange float
    laa, koq sama yaa

    @Realodix
    sama-sama mas

    @Fajar @Camajuyas
    yaaa, alasan klasik sobat tentang puasa takut maag

    @Arif R. @Agus Siswoyo
    Sama-sama

  10. selamat menunaikan ibadah puasa gan :)

  11. badr says:

    aswr. alhamdulillah Allah memberi kita kesempatan jumpa dengan Ramadhan lagi sehingga tubuh bisa sehat. memang benar lhoooo…tubuh harus istirahat. luar biasa Islam. maksih

  12. red says:

    ini artikelnya sekalian ama nembak keyword yah mas ? :D

  13. TuSuda says:

    Selamat menunaikan ibdah puasa, semoga menjadi insan yang sehat jasmani, rohani dan sosial. Salam…. :)

  14. yoooiii saya setuju banget, kebanyakan mereka tidak puasa karena alasan kena mag, huh alasan yang sangat dibuat-buat.

Speak Your Mind

*