Mesir Berdarah | Demonstrasi Anti Pemerintahan Rusuh di Mesir [Video]

[ Demonstrasi Massal ] Unjuk rasa besar-besaran mulai Selasa (25/1) sampai Rabu (26/1) dilakukan serempak di sejum­lah kota di Mesir. Pihak ke­ama­nan kelelahan dan kewalahan ber­jibaku dalam demonstrasi ter­besar Mesir beberapa tahun ter­akhir. Kemarahan rakyat bisa di­mengerti karena rezim otoriter Pre­siden Hosni Mubarak tidak mam­pu menyelesaikan krisis eko­nomi yang berkepanjangan.

Dalam demonstrasi kemarin, sedikitnya dua demonstran dan seorang polisi tewas setelah ter­­li­bat baku hantam. “Turun­kan Hos­ni Mubarak, turunkan sang tiran. Ka­­­mi tidak menginginkan eng­kau!” teriak para de­monstran di Kairo, ibukota Mesir.

Demonstrasi massal di Mesir itu terinspirasi oleh gerakan mas­sa di Tunisia beberapa pekan se­belumnya. Didera masalah se­rupa, yaitu mahalnya harga ke­bu­tuhan pokok dan tingginya ting­kat pengangguran, rakyat Tunisia berhasil membuat presiden yang telah berkuasa selama 23 tahun, Zine Ben Ali, jatuh dan kabur keluar negeri pada 14 Januari.

Protes Massal Anti Pemerintah di Mesir

Berikut Video-Video dari Kerusuhan di mesir yang di sebut “ Hari Marah ” :

Sementara itu, pemerintah menyesalkan sikap anarkis para pengunjuk rasa sehingga terjadi bentrokan. “Ada yang sampai melempar batu ke polisi dan yang lainnya berbuat rusuh dan meru­sak properti negara,” demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri. Karena itulah, menu­rutnya, pemerintah harus meng­ambil tindakan keras.

Protes Demonstrasi Massal Anti Pemerintah di Mesir

Salah satu pendemo yang menghadang mobil Militer

Poster Mubarak ditempeli sepatu & sapu oleh para demonstran

Seorang tentara yang bersimpati pada demonstran diusung di Kairo

Saat salat tentara dan para demonstran ini tetap berjamaah

Tampak seorang demonstran memberikan setangkai bunga kepada seorang tentara

Baca juga : Akhirnya Hosni Mubarak Mundur


Speak Your Mind

*